Wednesday, 30 January 2013

Cahaya Spiral Aneh di Langit Norwegia


Sebuah ‘penampakan’ cahaya biru dan putih mewarnai langit Norwegia kemarin Kamis (10/12/2009. Cahaya tersebut berputar kemudian membentuk spiral dan membuat takjub warga Norwegia yang menyaksikannya.
Anehnya, kemunculan cahaya ini tidak berkaitan dengan aurora borealis. Yaitu fenomena pancaran cahaya yang menyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet, akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.
Dikutip dari Daily Mail, Kamis (10/12/2009), fenomena misterius ini muncul ketika sebuah cahaya biru membumbung dari balik pegunungan di sebelah utara Norwegia. Cahaya tersebut kemudian sempat berhenti di udara, lalu mulai berputar.
Dalam hitungan detik, spiral raksasa tersebut memenuhi seluruh langit Norwegia. Kemudian, sorotan cahaya hijau kebiruan melesat dari pusat spiral. Kejadian ini berlangsung selama kurang lebih 10 hingga 12 menit hingga akhirnya menghilang begitu saja.
Para saksi mata yang melihat fenomena ini menggambarkannya sebagai bola cahaya besar yang berputar mengeluarkan sinar yang indah. Ada pula yang menyebutnya sebagai bintang yang berputar-putar. (Lihat video)
Beberapa saat setelah fenomena terjadi, badan meteorologi Norwegia, Norwegian Meteorological Institute langsung dibanjiri panggilan telepon yang menanyakan perihal peristiwa langka tersebut. Sayangnya belum ada penjelasan yang memuaskan terkait hal ini. Penampakan cahaya spiral di langit Norwegia itu hingga sekarang masih menjadi misteri.
Salah satu astronom terkenal Norwegia Knut Jorgen Roed Odegaard menyebutkan, dia belum melihat cahaya seperti itu sebelumnya.
“Awalnya saya berpikir itu adalah meteor bola api, namun waktunya terlalu lama. Mungkin saja itu adalah peluru misil milik Rusia. Akan tetapi saya tidak bisa menjamin kebenarannya,” kata Knut.
Juru bicara Badan Pertahanan Norwegia Jon Espen Lien juga mengungkapkan hal yang sama. Dia menduga penampakan cahaya tersebut berasal dari uji coba peluru misil yang tengah dilakukan Rusia. Jon mengklaim sangat normal bagi Rusia menggunakan wilayah White Sea dan Barents Sea, tempat cahaya itu muncul, sebagai area melakukan uji coba.
Sementara itu, Rusia menyangkal pihaknya telah mengadakan uji coba misil di wilayah tersebut. Kementrian Pertahanan Rusia tidak bersedia memberikan komentar terkait hal ini. Dikutip dari : Rachmatunnisa – Okezone
Berita Lainnya :
Sebuah cahaya pirus mengerikan terlihat di langit Norwegia. Cahaya misterius itu disebut-sebut adalah dari UFO atau tes rudal.
Institut metrologi Norwegia telah menerima ratusan telepon dari masyarakat yang kebingungan, tapi sejauh ini belum bisa mengidentifikasi asal-usulnya.
Beberapa ahli berspekulasi bahwa fenomena itu mungkin disebabkan oleh peluncuran roket Rusia. Namun, Kedutaan Rusia menegaskan klaim seperti itu sama sekali tidak berdasar.
Petugas meteorologi, astronom, dan angkatan bersenjata belum bisa menawarkan penjelasan menyngkut masalah tersebut.
Cahaya itu ditangkap oleh fotografer amatir Jan Petter Jorgensen saat ia dalam perjalanan menuju tempat bekerja di sebuah pabrik salmon.
“Cahaya muncul selama 2-3 menit. Aku tidak percaya dengan mata saya, dan cukup menggigil dan terguncang oleh itu”, kata Jorgensen.
Morten Kristiansen, yang melihat fenomena cahaya dari Sortland di utara Norwegia, menambahkan, “Sebuah cincin besar muncul, dan kemudian menyebar keluar, mengirimkan berkas hijau turun ke bumi,” katanya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment