Tuesday 19 March 2013

Organ Tubuh yang Sering Berubah Setiap Hari ?????


Tak banyak orang yang tahu bahwa suhu tubuh, berat badan, kadar gula darah dan bahkan gelombang otak berubah setiap harinya. Hasil perubahan ini bisa digunakan untuk membantu mengetahui kondisi kesehatan.
Selain itu mengetahui bagaimana tubuh merespons suatu hal juga bisa membantu menangani masalah kondisi kesehatan seperti diabetes, masalah tidur dan infertilitas.
Berikut ini perubahan-perubahan yang terjadi di tubuh dalam satu hari, seperti dikutip dari Livestrong, Senin (7/11/2011) yaitu:
1. Suhu tubuh
Seiring berjalannya waktu dalam 1 hari turut mempengaruhi suhu tubuh manusia. Pada anak yang berusia 6 tahun ke atas suhu tubuhnya bervariasi sekitar 2 derajat celsius setiap harinya. Sedangkan pada orang dewasa, siklus menstruasi bisa meningkatkan suhu tubuh sekitar 1 derajat celsius.
2. Berat badan
Terjadi perubahan berat badan pada siang hari. Secara umum berat badan akan berkurang di pagi hari sebelum sarapan dan setelah buang air besar, sedangkan terberat terjadi pada malam hari yang mana semua makanan sudah masuk ke tubuh.
Untuk mengetahui berat badan akurat, gunakan timbangan skala digital dan menimbang diri sendiri tanpa menggunakan pakaian, serta batasi menimbang berat badan terlalu sering minimal seminggu sekali.
3. Kadar gula darah
Kadar gula darah yang dimiliki seseorang tidak selalu statis, dalam 1 hari ia bisa mengalami beberapa kali perubahan. Selain itu jam biologis bisa membantu menjaga gula darah tetap terkontrol.
4. Gelombang otak
Pada siang hari seseorang akan mengalami perubahan dalam pola gelombang otak. Ketika seseorang bangun pagi hari maka otak memasuki keadaan santai atau disebut dengan gelombang otak alfa. Kondisi ini juga teradi ketika tubuh sedang santai atau melakukan relaksasi, tapi gelombang ini tidak muncul ketika tubuh sedang stres atau sulit tidur.

No comments:

Post a Comment