Monday 7 January 2013

Fenomena Laut Mendadak Jadi Merah di Pantai Sydney

WowKeren.com - Bondi Beach yang populer di Australia tiba-tiba kebanjiran turis dari berbagai penjuru karena adanya fenomena langka. Air laut pantai di Sydney itu mendadak berubah warna menjadi merah layaknya darah. Rupanya warna tersebut disebabkan oleh alga atau ganggang laut.

Fenomena ini terjadi ketika sejumlah ganggang berkumpul dalam satu lokasi dan melepaskan partikel. Ganggang adalah organisme sejenis tanaman yang bisa mengeluarkan warna berbeda-beda. Ganggang merah kali ini diduga muncul disebabkan oleh perbedaan suhu air laut memasuki musim gugur.

Meski dikenal tidak berbahaya namun otoritas setempat tetap melarang pengunjung masuk ke air demi keamanan. Ganggang tidak beracun namun memiliki kandungan amonia yang tinggi sehingga dikhawatirkan menyebabkan iritasi kulit. Sejumlah besar ikan diyakini telah meninggal karena efek dari ganggang merah ini.

Para pengunjung pantai maupun orang sekedar lewat menonton dari tepian dengan rasa tertarik. Kawasan pantai juga akan ditutup hingga semua ganggang tersebut sudah tidak ada lagi. "Aromanya agak bau amis, ganggang itu membuat air laut seperti kolam saus tomat," ujar penjaga pantai, Bruce Hopkins.

No comments:

Post a Comment