Tuesday 18 December 2012

Ilmuwan Brasil Temukan Spesies Ular Baru yang Berbentuk Mirip Kelamin


ATRETOCHOANA EISELTI snake
Atretochoana eiselti (Foto: JULIANO TUPAN)
Para peneliti di Brazil telah berhasil menemukan ular spesies baru yang menurut para ahli, menyerupai alat kelamin pada pria.
Para ahli menemukan ular yang diberi nama Atretochoana eiselti, yang mereka juluki “ular floppy”, saat mereka sedang memeriksa sebuah dam hidroelektrik di sebuah sungai di Amazon.
Enam dari makhluk tanpa mata yang sebenarnya merupakan keluarga ular buta ini ditemukan hidup di dasar Sungai Madeira, di negara bagian Rondonia, Brasil.
Sebenarnya, ular tersebut ditemukan pada November tahun lalu saat sebagai hamparan sungai sedang dikeringkan, namun baru diumumkan hari ini setelah jenis ular itu akhirnya dikonfirmasi.
Julian Tupan, ahli biologi untuk perusahaan Energi Santo Antonio yang membangun bendungan, mengatakan kepada situs Estadao, bahwa hampir tidak ada yang mereka ketahui tentang hewan amfibi tanpa paru-paru dan kaki ini.
“Dari enam yang kami kumpulkan, satu meninggal, tiga dilepaskan kembali ke alam liar dan dua lainnya disimpan untuk studi.” tuturnya.
“Meskipun tampak seperti ular, hewan ini bukanlah reptil dan lebih erat terkait dengan salamander dan katak. Kami berpikir bahwa hewan ini bernafas melalui kulitnya, dan mungkin memnagsa ikan kecil dan cacing, namun sampai saat ini kami masih belum bisa membuktikannya.” tambah Tupan.
Diketahui, wilayah Amazon adalah sebuah tempat penuh dengan kejutan ketika datang ke reptil dan amfibi. Masih banyak spesies lain yang belum ditemukan.

No comments:

Post a Comment